Kamis, 25 Maret 2010

Kode Etik Menggunakan Chat

Chatting, tentu bukan hanya hal baru bagi yang hobi chatting. Mungkin 90% pengakses Internet menyukai dan akrab dengan chatting. Baik melalui Messenger, MIRC, YM , Facebook, dll.

Chatting bisa diartikan mengobrol dengan orang lain, baik yang kita kenal, baru kenal, bahkan yang tidak kenal sama sekali. Bedanya, kita tidak secara langsung menatap wajah teman chat kita itu seperti ngobrol konvensional. Karena tidak semua komputer mempunyai fasilitas webcam, atau tidak semua HP mempunyai fasilitas Video Call-nya.

Didalam dunia maya a.k.a Internet, kita dapat menjadi apa saja dan siapa saja. Chatting, untuk saat sekarang ini minim visual. Oleh karena itu, kata-kata yang kita ketikkan di box chat, sangat menentukan siapa kita dan bagaimana sifat kita secara tidak langsung. Dan tentu saja akan menentukan tingkat kenyamanan chatting kita bersama lawan chat kita.

Beberapa catatan yang sempat saya kutip dari berbagai sumber mengenai etika berchatting, antara lain adalah :

  • Ucapkan salam, selayaknya bertamu ke rumah orang, tidak ada salahnya bila di awal chat kita menyampaikan salam Halo, Hai, atau apa saja yang bisa memberikan kesan bagus dan baik pada teman chat kita. Tanyakan apakah teman chat kita itu sedang sibuk atau tidak, dan bersediakah chat dengan anda. Mengakhirinya dengan Bye, Nice to chat, atau sampai jumpa lagi.. pada akhir chat, akan menambah kesan untuk chat selanjutnya.
  • Harus Sopan, siapa pun partner chatting kita, mengenalnya atau tidak, jangan sampai kita memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikkan kata-kata porno atau kata-kata yang kasar atau tidak pantas lainnya. Bila anda yang memulai inisiatif chating dengan seseorang, mulailah dengan memperkenalkan siapa anda, bukan anda yang menanyakan siapa lawan chating anda.
  • Jangan memaksakan kehendak, apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan kita, kita harus menghormatinya dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan kita.
  • Harus Jujur, mulai lah dan usahakan untuk menuliskan sesuatu apa pun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal ini akan membuat partner chatting kita percaya dan menghargai kita. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apa pun, jika kita mengatakannya dengan jujur, orang lain akan menghargai kita dengan baik .
  • Jangan menuliskan dengan HURUF BESAR (kapital) atau tanda baca yg berlebihan, karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung. Contoh tanda baca : !!!!!!! , ??????
  • Jangan suka mengganggu dan iseng, walaupun partner chatting keliatan online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan kita, siapa tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan “BUZZ” terus menerus.
  • Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan, jika Anda tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting Anda, karena harus melayani banyak dialog dengan yang lain. Selain itu, jika sedang menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan Anda tersebut. Dan Anda juga harus terima dengan lapang dada, bahwa mungkin, teman chat kita itu bukan hanya chat dengan kita, dan ada 10 window yang lagi menunggu antrian.
  • Jangan hanya melmbicarakan tentang topik yang anda sukai, terkadang teman chatting kita akan merasa bosan dengan topik pembicaraan yang itu itu saja.
  • Jangan pernah membicarakan masalah privasi teman chat atau membawa SARA, karena hal ini sangat sensitive yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak. Dan hanya membuat teman chat anda ingin segera mengklik tanda “X” pada box chat.
  • Jangan lupa minta izin kepada partner chatting, pada saat kita ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kita.

Sumber :

http://www.lolanasution.info/just-tips/dalam-chating-juga-ada-etika

0 komentar:

Posting Komentar